Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


AIA Asuransi Terbaik

Asuransi AIA adalah perusahaan asuransi jiwa yang ditata oleh PT AIA Financial. Produk yang dihadirkan mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi unit link, dan ada beberapa kembali.

Kehadiran perusahaan Asuransi AIA di Indonesia tidak terlepas dari figure Cornelius Vander Starr yang membuat AIA pertamanya kali di Shanghai, China pada 1919. Seiring waktu berjalan, Starr membuat Internal Assurance Company, Limited (Instasco) di Shanghai pada 1931 dan membuka kantor cabang di Hong Kong dan Singapura.

Melihat perubahan keuangan di Indonesia, grup ini mulai melalui usaha di tanah air pada 1984. Tapi, perusahaan namanya syah PT AIA Financial baru terjadi pada 2009.

PT AIA Financial (AIA Indonesia) adalah anggota Liga Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan telah terdaftar dan diawasi oleh Wewenang Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-156/KMK.017/1997 tertanggal 3 April 1997. Selain itu, AIA Asuransi memiliki izin usaha unit syariah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-268/KM.10/2009 tertanggal 14 Agustus 2009.

Prestasi dan Penghargaan

AIA Financial Indonesia telah capai bermacam penghargaan berprestise, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Di Indonesia, prestasi dan penghargaan yang pernah diraih AIA Asuransi salah satunya:

Ranking 2 The Best Life Insurance 2018 – Indonesia Insurance Award 2018 Economic Pembahasan
Asuransi Jiwa Terbaik 2018, barisan asset di atas Rp25 triliun – Investor Awards
Barisan Peningkatan CSR: AIA Sepak Bola untuk Negeri bersama David Beckham – Koran SINDO Awards
Luar biasa Agent by Peraturan – Luar biasa Agent Awards AAJI 2018

Laporan Keuangan Asuransi PT AIA Financial

Bagus atau tidaknya perusahaan asuransi dapat ditemui dari rasio solvabilitas / risk based capital (RBC). RBC sendiri dapat diambil kesimpulan sebagai kemampuan perusahaan asuransi dalam penuhi semua kewajibannya, terhitung pembayaran claim nasabah. Bagusnya, minimal rasio yang diwajibkan oleh OJK adalah 120 %.

Berdasarkan info baru saja AIA Insurance memperlihatkan perform keuangan perusahaan melalui neraca keuangan tahun 2021. Berikut rinciannya:

Rasio solvabilitas: 646%
Jumlah ekuitas: Rp 12.057 triliun
Jumlah asset: Rp 52.726 triliun

Bila berkaca pada neraca keuangan di atas dapat ditarik simpulan bila AIA Insurance memiliki tingkat rasio solvabilitas yang jauh melalui ketentuan minimum OJK. Sementara dari sisi jumlah ekuitas dan asset, AIA Insurance telah penuhi standar minimum yang telah ditetapkan oleh OJK, yaitu Rp100 miliar untuk ekuitas dan Rp150 miliar untuk asset.

Info Terbaru AIA Indonesia

AIA Luncurkan Produk Asuransi AIA Wakaf Assurance

Mei 2022 – AIA Financial Indonesia (PT AIA Financial) keluarkan produk asuransi syariah terbaru, yaitu AIA Wakaf Assurance. Produk asuransi ini memberikan manfaat berwujud santunan beberapa Rp10 juta di mana 10 % dari nilai itu akan dialokasikan untuk kegiatan wakaf yang dilanjutkan melalui Dompet Dhuafa. Dalam tawarkan AIA Wakaf Assurance, AIA menggandeng Gojek sebagai rekannya. Produk itu bisa didapatkan melalui pangkalan GoSure.

AIA dan CIMB Niaga Hadirkan Fortuna Critical Advance Protection

April 2022 – AIA dan PT Bank CIMB Niaga datangkan Fortuna Critical Advance Protection sebagai bentuk perlindungan dari bermacam penyakit kritis. Produk ini bukanlah cuma membuat pelindungan nasabah dari 100 lebih penyakit kritis saja, tapi juga mampu memproteksi sampai usia 99 tahun. Satu diantaranya manfaat yang dikasih Fortuna Critical Advance Protection adalah manfaat perawatan kanker atau jantung di luar negeri dengan ekstra 50% uang pertanggungan.

AIA Financial Indonesia Berikan Perlindungan Gratis ke-10 Ribu Calon Pemudik

April 2022 – Di kejadian Lebaran tahun ini, AIA Financial Indonesia keluarkan program Mudik Tenang Bersama Bebas Terlindungi secara gratis. Program itu ditujukan ke 10 ribu calon pemudik agar terlindungi dari risiko kecelakaan sejauh dalam perjalanan. Selain itu, program Mudik Tenang Bersama Bebas Terlindungi memberikan manfaat isolasi mandiri beberapa Rp300 ribu bila terserang virus Covid-19 dan santunan rawat inap beberapa Rp1 juta tiap hari.

Di atas adalah beberapa prediksi harga premi Asuransi AIA Financial. Tapi memang pada dasarnya harga premi Asuransi AIA biasanya berlainan pada tiap nasabah. Biasanya polis yang tidak diputuskan minimal preminya adalah yang preminya dihitung berdasarkan pertanggungan yang ditetapkan oleh nasabah.

Ketidaksesuaian premi setiap nasabah terkuasai oleh bermacam faktor, misalkan:

Type asuransi yang diambil
Profil tertanggung: usia, pekerjaan, type kelamin, cerita penyakit, dan lain-lain
Type dan nilai asset atau harta benda yang diasuransikan
Cakupan pertanggungan, diawali dari pertanggungan khusus sampai rider (pertanggungan tambahan)
Uang pertanggungan yang akan ditetapkan

Khusus untuk faktor yang terakhir, yaitu uang pertanggungan (UP) bisa mempengaruhi besaran premi yang akan Anda bayarkan nantinya. Makin besar UP yang diambil, karenanya makin besar premi yang akan Anda bayarkan. Itu pemicunya, Anda perlu kalkulasi berapakah UP yang akan diambil agar tidak memperberat premi yang dibayarkan mendatang. Selain itu, kalkulasi UP akan membuat Anda kenali kepentingan biaya hidup setelah ditinggalkan oleh tulang punggung khusus (tertanggung).

Nah, untuk kalkulasi uang pertanggungan (UP) Anda bisa menggunakan kalkulator UP berdasarkan pengeluaran berikut ini:

Cara Claim Asuransi AIA
Proses claim Asuransi AIA sudah pasti berdasarkan polis yang dimiliki oleh nasabah. Berikut proses claim Asuransi AIA yang dapat Anda patuhi:

Nasabah sampaikan dokumen claim melalui kantor pusat/cabang AIA / agen officer / bancassurance officer / customer service terdekat.
Setelah dokumen claim diterima, pihak perusahaan AIA akan memeriksa kelengkapan dokumen. Jika dokumen claim tidak lengkap, karenanya nasabah akan dipublikasikan oleh pihak AIA Insurance melalui SMS. Bila nasabah tidak melengkapi dokumen sejauh 30 hari kerja, karenanya dokumen akan dibalikkan ke nasabah melalui agen officer / bancassurance officer.
Dokumen claim yang sudah lengkap akan diproses dan nasabah tinggal menunggu pengakuan melalui SMS terkait status claim, apa diterima atau ditolak.
Bila claim diterima, karenanya perusahaan AIA Financial akan mengirimi dana ke rekening nasabah.

Biasanya, proses claim Asuransi AIA cair dalam kurun waktu 8 hari kerja untuk asuransi kesehatan dan 11 hari kerja untuk claim meninggal dunia.

Dokumen Claim AIA Asuransi Kesehatan

AIA Formulir Asuransi Kesehatan
Surat rekam media asli
Surat informasi dokter asli yang sudah dikasih tanda-tangan dan distempel
Tanda terima pembayaran
Fotocopy pengujian medis
Fotocopy KTP pemegang polis

Dokumen Claim Asuransi Jiwa AIA

Siapkan polis asli
Formulir Claim Asuransi Jiwa AIA
Surat informasi kematian lengkap dari pemerintah atau pihak berkuasa pada tempat
Surat informasi dokter untuk claim meninggal dunia
Salinan catatan medis tertanggung
Salinan jati diri tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris
Surat info acara dari pihak kepolisian bila meninggal dunia karena kecelakaan
Dokumen lainnya dibutuhkan oleh pihak AIA
Bukti identitas ahli waris yang akan terima uang pertanggungan

Pembahasan Asuransi AIA Indonesia

Ada banyak faktor yang membuat Asuransi AIA Indonesia begitu dicintai oleh calon nasabahnya. Selainnya pilihan polisnya yang begitu berbagai, berdasarkan beberapa pembahasan ada banyak hal lainnya membuat Asuransi AIA Indonesia unggul bila dibandingkan perusahaan asuransi seperti. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh Asuransi AIA Financial Indonesia:

Rumah sakit rekanan luas

Satu diantaranya yang membuat Asuransi AIA Indonesia unggul adalah jaringan rumah sakit luas. Keseluruhnya lebih dari 800++ rumah sakit sudah kerja bersama dengan AIA Insurance. Diawali dari rumah sakit dalam negeri s/d luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Limit tahunan sesuai sama bill

Limit asuransi jadi hal yang patut diakui saat membeli asuransi kesehatan. Dan, AIA Asuransi memiliki limit tahunan sama sesuai bill (as charged). Sudah tentu ini menjadikan keuntungan tertentu untuk nasabahnya. Karena, Anda tidak perlu cemas dengan mahalnya biaya perawatan di rumah sakit.

Menanggung sampai usia 99 tahun

Biasanya, produk asuransi jiwa jarang memberikan manfaat pertanggungan sampai 99 tahun (seumur hidup). Tapi AIA Insurance berbeda, perusahaan ini justru memberikan manfaat pertanggungan sampai 99 tahun untuk polis asuransi jiwa. Contoh polisnya adalah AIA Sehat Terus.

Loyalty bonus

Manfaat pertanggungan yang menjadikan AIA Insurance cukup dicintai nasabah adalah ada loyalty bonus. Loyalty bonus ini akan diberi ke tertanggung yang hidup sampai akhir masa polis. Contoh polis AIA Asuransi yang pasarkan manfaat ini adalah AIA Critical Protection.

Pertanyaan Sekitaran Asuransi AIA Financial Indonesia

Berikut pertanyaan yang paling sering diberikan calon nasabah atau nasabah terkait AIA Indonesia.

Apa itu AIA?

AIA (PT AIA Financial) ialah perusahaan asuransi jiwa paling penting yang bekerja di Indonesia. PT AIA Financial sebagai anak perusahaan dari AIA Group.

AIA pasarkan bermacam produk asuransi, terhitung asuransi dengan ide Syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang disambungkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, dan program Dana Pensiun (DPLK). Beberapa produk itu ditawari oleh lebih dari 6.000 tenaga pemasar berpengalaman dan profesional melalui berbagai jalur distribusi seperti keagenan, bancassurance, dan Corporate Solutions (Pension dan Employee Benefits).

Apa kepanjangan AIA?

AIA kepanjangan dari American International Assurance. Meskipun nama rangkuman dari AIA adalah American International Assurance, tapi AIA tidak memiliki kantor di Amerika Serikat atau negara Amerika lainnya.

Amankah investasi di Asuransi AIA?

Saat ini perusahaan Asuransi PT AIA Financial sudah terawasi oleh OJK. Sudah pasti segala hal yang telah dilaksanakan perusahaan PT AIA aman dan nasabah tidak perlu takut ketingga ingin membeli produk sesuai sama kepentingan.

Bagaimana cara cek polis AIA online?

Cara cek polis AIA dengan cara online hanya cukup tersambung situs syah perusahaan. Tapi sebelum login untuk kerjakan cek polis, Anda harus mendaftar di My AIA terlebih dulu. Dengan mendaftar My AIA Anda akan mendapat akses username dan kode untuk kerjakan login.

Apa rekomendasi produk AIA Insurance?

Satu diantaranya polis favorite AIA adalah AIA Prolink Platinum Assurance. Polis ini yang memberikan santunan atas risiko meninggal dunia beberapa Rp1,5 miliar dengan berbagai manfaat dan pilihan investasi sekaligus. Selain itu, ada juga manfaat loyalty bonus sampai 100 %. Artinya, jika tertanggung masih hidup sampai masa polis selesai, karenanya premi dasar di tahun awalnya akan dibalikkan.

Jika ingin manfaat investasi dengan mata uang asing atau dolar, karenanya Lifepal merekomendasikan AIA Priority Plus Assurance. Permasalahannya produk asuransi ini memberikan manfaat betul-betul lengkap, terhitung investasi mata uang asing. Selain itu, asuransi itu memberikan loyalty bonus sampai 75 %, dan santunan bila tertanggung meninggal dunia.

Apa produk AIA Health Insurance?

AIA Financial Indonesia memiliki tiga polis asuransi kesehatan, yaitu:

Hospital and Surgical Protection
Premier Hospital and Surgical Protection
Hospital and Surgical Plus

Informasi lebih detail terkait manfaat Asuransi Kesehatan AIA bisa dilihat di tab Polis.

Posting Komentar untuk "AIA Asuransi Terbaik"