Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Asuransi Kecelakaan di Indonesia

Asuransi kecelakaan diri (pribadi accident) ialah perlindungan yang memberi uang pertanggungan berbentuk santunan wafat, cacat masih tetap, sampai perawatan di rumah sakit bila tertanggung alami kecelakaan.

Pengetahuan Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah tipe asuransi umum (rugi) yang memberi uang pertanggungan (UP) jika terjadi resiko cacat masih tetap kesemuanya atau wafat karena kecelakaan. Selainnya memberi UP, produk asuransi online ini dibuat sebegitu rupa untuk memikul ongkos perawatan yang karena oleh kecelakaan, baik yang terjadi pada tempat kerja atau di jalan saat berkendaraan dan wisata.

Karena ada asuransi kecelakaan ini, sudah tentu Anda tak perlu khawatir keadaan keuangan akan terbuncang karena mahalnya ongkos perawatan atau bahkan juga kehilangan penghasilan karena ditinggalkan tumpuan keluarga karena kecelakaan.

Ketidaksamaan Asuransi Kecelakaan dengan Tipe Asuransi Yang lain

Bila disaksikan faedahnya, asuransi kecelakaan memang sama dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang memikul ongkos perawatan kesehatan dan santunan wafat bila terjadi kecelakaan. Tetapi, faedah yang diberi asuransi kecelakaan terbatas pada resiko kecelakaan saja. Karenanya polisnya tidak memikul resiko klinis karenanya pada umumnya preminya tambah murah.

Faedah Asuransi Kecelakaan

Faedah asuransi kecelakaan terdiri dari santunan wafat, santunan cacat masih tetap, dan ongkos perawatan. Berikut informasi singkat dari tiap faedahnya:

Santunan Wafat Dunia

Santunan tunai akan diberi bila tertanggung alami resiko wafat karena kecelakaan. Santunan atau uang pertanggungan itu akan diberikan ke pewaris. Berikut beberapa persyaratan pemberian santunan wafat:

Tertanggung wafat dalam batasan waktu 12 bulan semenjak berjalannya kecelakaan
Hancur dan tidak diketemukan dalam waktu 60 hari semenjak berjalannya kecelakaan

Santunan Cacat Masih tetap/Kesemuanya

Selainnya wafat, santunan tunai atau uang pertanggungan dapat dicairkan bila tertanggung alami cacat masih tetap karena kecelakaan.

Pertanggungan Ongkos Perawatan

Jika tertanggung alami kecelakaan dan harus mendapatkan perawatan klinis di rumah sakit, karena itu perusahaan asuransi akan memikul ongkos bill penyembuhan itu. Untuk besarannya akan disamakan dengan polis yang dipunyai oleh tertanggung.

Tipe Asuransi Kecelakaan

Sesudah ketahui faedah asuransi kecelakaan, juga penting untuk kenali beberapa jenisnya agar disamakan dengan kebutuhan masing-masing nasabah. Berikut sejumlah tipe asuransi kecelakaan yang ada:

Asuransi Kecelakaan Diri

Pengetahuan asuransi kecelakaan diri ialah produk asuransi yang memberi perlindungan ke tertanggung dari berbagai resiko kecelakaan yang terjadi kemungkinan.

Adapun resiko yang dijamin produk asuransi kecelakaan diri mencakup:

Cacat masih tetap / sementara
Cidera karena kecelakaan, baik berat atau gampang

Faedah yang diberi asuransi kecelakaan diri ke arah pada Polis Standard Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia (PSAKDI). Banyak hal yang tidak dijamin PSAKDI ialah kecelakaan karena tersengajaan.

Produk asuransi kecelakaan diri ada untuk tertanggung:

Pribadi: Cuma diperuntukkan untuk seorang tertanggung saja
Barisan: Diperuntukkan untuk group atau optimal peserta 25 orang (bergantung ketetapan tiap perusahaan asuransi)
Keluarga: Diperuntukkan untuk semua segi keluarga, dimulai dari ayah, ibu, dan anak

Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi kecelakaan kerja ialah tipe asuransi kecelakaan yang diperuntukkan untuk pegawai atau karyawan satu perusahaan. Asuransi kecelakaan kerja akan memberi uang pertanggungan atau santunan wafat bila tertanggung pegawai alami kecelakaan saat bekerja atau diperjalanan ke arah tempat kerja. Premi asuransi kecelakaan kerja sekitar dimulai dari Rp100 – Rp400 beberapa ribu /tahun.

Faedah yang diberi oleh asuransi kecelakaan kerja ini berbentuk:

Pertanggungan ongkos perawatan
Santunan wafat
Santunan beasiswa untuk dana pembelajaran anak (jika ada)
Support sepanjang istirahat kerja

Karena faedahnya itu, tipe asuransi ini benar-benar pas untuk nasabah perusahaan di bagian tugas yang tinggi resiko kecelakaan, seperti konstruksi alat berat, pabrik, atau pengurus gedung tinggi.

Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat ialah asuransi yang memberi santunan bila penumpang pesawat alami kecelakaan. Pada intinya, ada tiga faksi yang bertanggungjawab memberi santunan, yakni:

Perusahaan pesawat
PT Jasa Raharja
Pemerintahan

Wujud pertanggungan yang diberi pada asuransi kecelakaan pesawat ini ialah santunan wafat yang hendak diberi pada pewaris. Disamping itu, asuransi ini memberi santunan cacat masih tetap sesuai sama faedah yang tercatat dalam polis.

Cari informasi-informasi asuransi kecelakaan pesawat secara lengkap!

Asuransi Kecelakaan Lalu Lewati

Asuransi kecelakaan jalan raya ataupun lebih dikenali dengan istilah asuransi sosial kecelakaan penumpang ialah tipe asuransi yang hendak memberi uang santunan ke korban kecelakaan jalan raya. Resiko yang dijamin oleh asuransi ini ialah resiko wafat, cacat masih tetap, atau cidera karena kecelakaan.

Asuransi kecelakaan jalan raya masuk ke barisan produk asuransi sosial kecelakaan penumpang punya negara yang diatur oleh Asuransi Jasa Raharja. Berikut besaran santunan kecelakaan jalan raya:

Santunan kecelakaan wafat: Rp50 juta
Santunan cacat masih tetap: maks. Rp50 juta
Santunan ongkos perawatan klinis: maks. Rp20 juta (angkutan laut), Rp25 juta (angkutan udara)
Pergantian ongkos penguburan bila tidak punyai pewaris: Rp4 juta
Pergantian ongkos P3K: Rp1 juta
Pergantian ongkos ambulans: Rp500 ribu

Asuransi kecelakaan jalan raya sendiri dipisah jadi tiga barisan, yakni:

Asuransi kecelakaan diri
Asuransi kecelakaan motor
Asuransi kecelakaan mobil

Produk asuransi ini datang karena tingginya angka kecelakaan bahkan juga kematian yang terjadi di jalan raya dan jalan tol.

Apa Faedah BPJS Saja Tidak Cukup?

Pada intinya, resiko kecelakaan kerja telah masuk ke pelindungan agunan sosial yang memiliki watak harus, yakni BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Tapi, faedah kecelakaan kerja dari BPJS terhitung kurang komplet.

Misalnya, asuransi kecelakaan kerja memikul resiko bukan hanya peristiwa saat bekerja saja, tetapi juga resiko kecelakaan apa yang terkait dengan tugas. Contoh, kecelakaan saat ke arah tempat rapat di jam kerja.
Langkah Claim Asuransi Kecelakaan

Pengajuan claim asuransi kecelakaan diperbedakan untuk setiap macamnya. Berikut informasi langkah claim asuransi kecelakaan secara lengkap:

Langkah Claim Asuransi Kecelakaan Diri
Claim asuransi kecelakaan diri perlu ditangani dalam kurun waktu sekian hari dengan document komplet. Maka dari itu, semestinya Anda telah menulis beberapa langkah claim ini.

Selekasnya memberikan laporan peristiwa claim demikian terjadi kecelakaan diri. Makin cepat akan makin baik. Karena, periode melalui waktu claim ialah 12 bulan semenjak berjalannya kecelakaan.
Menulis surat status kecelakaan sedetail-lengkapnya. Tulis waktu dan lokasi kecelakaan dengan detil. Lampirkan photo jika ada.
Melengkapi arsip document sebagai syarat claim, seperti formulir claim, jati diri, document polis, dan sebagainya.
Mengirim beberapa dokumen itu ke penyuplai asuransi, dapat lewat agen, tiba langsung ke kantor cabang, atau mengirim melalui e-mail.
Team asuransi akan melihat claim.
Jika disepakati, uang pertanggungan akan dikirim ke rekening bank nasabah.

Document Claim

Formulir pengajuan claim asuransi kecelakaan diri
Surat status kecelakaan diri
Polis asli dan foto copy
Foto copy Kartu Pertanda Warga (KTP)

Bila tertanggung wafat:

Surat info pengetesan mayat atau Visum et Repertum
Salinan surat info wafat dari lurah atau kepolisian
Surat info dari saksi

Bila tertanggung hancur:

Surat info terkait kecelakaan dan pemberhentian penelusuran dari faksi yang berkuasa
Surat pengakuan dari pewaris akan balikkan santunan jika tertanggung diketemukan kembali ke kondisi hidup
Bila tertanggung alami cacat masih tetap
Surat info pengetesan dari dokter yang lakukan penyembuhan atau perawatan (visum)
Surat info dari saksi
Kwitansi asli dari rumah sakit, dokter, apotek, laboratorium, jika tertanggung lewati penyembuhan atau perawatan. Juga bisa memakai foto copy kwitansi yang telah dilegalisir
Document yang lain disuruh oleh penyuplai asuransi

Pengecualian Asuransi Kecelakaan Diri

Saat sebelum berikan claim, seharusnya tonton pengecualian yang tercantum dalam polis asuransi kecelakaan diri. Maksudnya supaya claim yang kamu beri diterima oleh perusahaan asuransi. Berikut pengecualian yang umumnya tercantum dalam polis asuransi kecelakaan diri.

Bunuh diri atau mencederai kita. Kematian dan cidera karena bunuh diri tidak dijamin oleh asuransi. Karena, keadaan itu diinisiasi oleh tertanggung sendiri.
Kecelakaan diri yang tersengaja. Bila kecelakaan ada karena kesalahan tertanggung atau tersengaja, jadi tidak dapat di-claim.
Perlakuan kriminil. Kecelakaan diri yang terjadi sebagai resiko dari perlakuan kriminil yang tersengaja tidak bisa di-claim ke perusahaan asuransi. Begitu hal perlakuan yang menyalahi undang-undang.
Kecelakaan diri karena perang. Ada di keadaan perang pasti tambah resiko kecelakaan. Maka dari itu, perusahaan asuransi tidak memikul rugi dalam perang itu.
Kecelakaan diri dalam aktivitas lewati udara. Kecelakaan yang dikarenakan oleh aktivitas lewati udara di luar penumpang syah sebuah perusahaan penerbangan yang mempunyai ijin terbang.
Kecelakaan diri karena karier. Bila tertanggung cedera saat lakukan karier berpengaruh seperti petinju, pendaki gunung, dan pegulat, kesempatan perusahaan masukan ke pengecualian.
Tertanggung anggota aktif angkatan membawa senjata. Tidak dapat berikan claim bila tertanggung kerjakan pekerjaan dalam Dinas Kepolisian atau Kemiliteran, atau dinas yang lain terkait dengan itu. Terkecuali, bila perusahaan asuransi telah menyepakatinya.

Kehamilan dan perawatan yang berkaitan. Hal yang berkaitan dengan kehamilan, keguguran, melahirkan, pembandinghan tidak jadi tanggungan asuransi.
Musibah alam. Polis mengecuali kasus musibah alam seperti gempa bumi, tsunami, dan sebagainya.
Keadaan perang dan huru-hara. Terhitung didalamnya tindakan jahat, huru-hara, kekacauan, pemogokan, penghambatan bekerja, pembangkitan rakyat, pengambilalihan kekuasaan, perlawanan, revolusi, kemampuan militer, agresi, perang, perang saudara, perlawanan, terorisme, atau sabotase.
Perlakuan kejahatan yang ke tertanggung atau seorang. Terhitung perlakuan kekerasan, pemerkosaan, pembunuhan, dan penculikan.
Radiasi nuklir. Radiasi nuklir dan kontaminasi radioaktif tidak dapat di-claim polis.
Keadaan penyakit tertentu. Beberapa keadaan berikut dieksepsikan dalam pertanggungan, misalkan hernia, ayan, sengatan matahari, HIV/AIDS, pertambahan penyakit karena kecelakaan.
Olahraga tertentu. Kecelakaan diri karena aktivitas olahraga berikut terhitung ke pengecualian polis, misalkan skateboard, hiking, parkour, bela diri, membidik, olahraga air, dan sebagainya.

Langkah Claim Asuransi Kecelakaan Kerja

Untuk menyampaikan claim program Agunan Kecelakaan Kerja (JKK), berikut cara yang penting ditangani:

Adukan peristiwa claim ke perusahaan asuransi optimal 2 x 24 jam atau dua hari
Tiba ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan klinis. Janganlah sampai lupa taruh kwitansinya
Adukan kembali lagi ke BPJS sesudah mendapatkan perawatan dengan mempersiapkan document seperti formulir claim, identitas (KTP), Kartu BPJS Ketenagakerjaan – Agunan Kecelakaan Kerja (JKK), kwitansi rumah sakit, dan surat info dokter
BPJS Ketenagakerjaan akan hitung jumlah ganti rugi ke peserta atau pewaris bila peserta wafat

Langkah Claim Asuransi Kecelakaan Pesawat

Isi formulir pengajuan claim
Mempersiapkan beberapa dokumen syarat, misalnya:
Surat Info Kecelakaan dari Polres pada tempat atau lembaga sama yang berkuasa
Surat/Akte Kematian dari Rumah Sakit
Analisis korban dan pewaris (KTP, KK, surat nikah, akte kelahiran, dan beberapaya)
Polis asuransi nasabah (bila ada)
Sesudah document diperlengkapi dan formulir diisi, berikan atau kirimkan semua data pada pihak asuransi berkaitan yang persiapkan polis asuransi kecelakaan
Selainnya faksi asuransi, faksi perusahaan akan memberi ganti rugi atas kecelakaan yang terjadi

Langkah Claim Asuransi Kecelakaan Lalu Lewati

Untuk menyampaikan claim asuransi kecelakaan jalan raya Jasa Raharja, taati langkah-langkah berikut ini:

Persiapkan surat info dari kepolisian pada tempat atau lembaga berkaitan (seperti PT KAI untuk kecelakaan kereta api).
Buat surat info sakit atau info kematian dari rumah sakit.
Persiapkan document seperti Kartu Pertanda Warga (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan document yang lain dipersyaratkan.
Datangi situs Jasa Raharja di link: https://www.jasaraharja.co.id/service/formulir-pengajuan-santunan
Isi Formulir Pengajuan Santunan pada halaman itu.
Percaya diri data telah betul dan document komplet.
Faksi Jasa Raharja akan mengolah claim Anda.

Posting Komentar untuk "Asuransi Kecelakaan di Indonesia"