Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Asuransi Raksa Pratikara

Pengetahuan asuransi adalah persetujuan kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah. Dalam persetujuan itu ditegaskan bila nasabah harus memberikan premi untuk seterusnya mendapat manfaat pertanggungan jika terjadi rugi.

Ketidaksesuaian Asuransi Syariah dan Konvensional

Pengetahuan asuransi syariah adalah type asuransi yang pengaturan dananya sama sesuai ide syariat Islam. Karena itu, satu diantaranya ketidaksesuaian antara asuransi konvensional dengan asuransi syariah berada di izin usahanya. Perusahaan asuransi syariah harus mendapat izin usaha dari Dewan Pengawas Syariah – Majelis Ulama Indonesia (DPS-MUI).

Sementara untuk asuransi konvensional pengaturan dana atau usahanya tidak diharuskan turuti syariat Islam. Perusahaan perlu mendapat izin usaha dari Wewenang Jasa Keuangan (OJK).

Dasar Hukum Asuransi

Pengetahuan hukum asuransi adalah dasar yang mengatur perasuransian di Indonesia, baik legalitas perusahaan asuransi atau kenyamanan dan keamanan nasabah. Silakan pelajari ide asuransi melalui undang-undang ketetapan OJK berkenaan asuransi, dan perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK (Wewenang Jasa Keuangan).

UU Asuransi

Undang-undang yang mengatur perasuransian di Indonesia tiba dari DPR dan pemerintah dan ada pula hukum asuransi dalam Islam. Berikut dasar hukum asuransi di Indonesia yang perlu kita pelajari.

UU Asuransi No. 40 Tahun 2014 berkenaan Perasuransian, undang-undang ini berisi ketentuan industri perasuransian dan cara kerja perusahaan asuransi.

KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) Pasal 1320 dan Pasal 1774, ketetapan yang terhitung dalam lingkup pidana, bila terjadi kecurangan dalam persetujuan asuransi dapat dibawa ke ranah hukum pidana.
Ketetapan Pemerintah Nomor 63 Tahun 1999, hukum asuransi di Indonesia ini membahas penyelenggaraan asuransi.
Sementara asuransi syariah sendiri diatur oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Asuransi syariah diatur oleh bermacam undang-undang yang disebutkan baru saja.

Ide Asuransi

Dalam di dunia asuransi, ada 6 ide kegiatan usaha asuransi. Ide kegiatan usaha asuransi ini mengatur cara menggunakan asuransi, hukum apa yang perlu dipatuhi, dan terhitung proses asuransi.

Yuk, baca beberapa konsep asuransi dan contoh proses kerja asuransi.

Insurable interest

Ide asuransi memberikan kesempatan untuk peserta asuransi untuk mengasuransikan apa yang dia lakukan agar tidak punya pengaruh pada keperluan atau hubungan si peserta asuransi. Biasanya, ide insurable interest diterapkan pada asuransi kredit.

Yang mana si tertanggung tidak memperberat keluarga atau orang terdekat bila terjadi hal yang tidak diharap saat proses hutang sedang jalan.

Utmost good faith

Ide dasar asuransi ini sering disebutkan sebagai niat baik. Yaitu, calon peserta asuransi harus berikan hal jujur terkait kondisi si dia dan tertanggung lain dengan tepat dan jujur. Dengan begitu, pihak perusahaan asuransi dapat samakan premi asuransi dan persetujuan lain dalam polis.

Proximate cause

Ide ini sebagai ide dasar asuransi yang cari info penyebab khusus dan paling dulu (ide karena karena dalam asuransi). Dari ide ini, pihak perusahaan asuransi dapat hitung dan memberikan penggantian sama sesuai penyebab sebenarnya.

Indemnity

Indemnity sering disebutkan sebagai ide ganti-rugi. Ide ini membantu perusahaan untuk tetapkan ganti-rugi yang cocok sama sesuai premi dan kesepakatan polis. Contoh ganti-rugi itu, salah satunya: tunai; repair atau penyempurnaan; reinstatement atau mengganti barang yang sudah remuk sama dengan yang baru; replacement atau penempatan kembali ke rugi yang terjadi.

Subrogation

Ide ini sebagai perubahan hak dan tanggung-jawab dari pihak peserta asuransi ke perusahaan asuransi setelah pembayaran claim. Contoh, saat peserta asuransi alami kecelakaan yang dikarenakan oleh pihak ketiga. Karenanya perusahaan asuransi memiliki hak subrogasi untuk menuntut pihak ketiga melalui asuransi yang dia punya.

Contribution

Contribution seri”g disebut s”seperti double claim. Tapi, istilah itu sebenarnya terhitung istilah pemula. Di dunia asuransi, double claim dikenal dengan istilah Coordination of Keuntungan atau CoB yang disebutkan segi dari ide Contribution.

Ide kegiatan usaha asuransi ini menjadi “pagar” untuk perusahaan asuransi dalam bayar claim. Karena itu, tidak ada istilah peserta asuransi akan mendapat kelebihan dana dari keseluruhnya biaya perawatan kesehatan yang akan dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Ditambahkan saat si peserta asuransi memiliki dua produk asuransi yang sama.

Type-Jenis Asuransi di Indonesia

Type asuransi di Indonesia dipisah jadi dua, yaitu Liga Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang memuat perusahaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, dan Liga Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang memuat perusahaan asuransi umum.

Agar lebih jelas, silakan baca beberapa jenis asuransi di Indonesia dan manfaatnya:

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah type asuransi yang menanggung biaya perawatan kesehatan saat nasabah alami risiko medis. Beberapa polis asuransi kesehatan terbaik yang cukup populer di Indonesia adalah Asuransi Kesehatan Prudential, Asuransi Kesehatan Allianz, Asuransi Kesehatan AXA Mandiri, dan ada beberapa kembali.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Pertanggungan rawat inap
Pertanggungan rawat jalan
Pertanggungan pembedahan
Pertanggungan perawatan gigi (manfaat tambahan/ rider)
Pertanggungan perawatan mata (manfaat tambahan/ rider)

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah type asuransi yang memberikan santunan tunai jika tertanggung meninggal dunia atau alami cacat tetap beberapa atau keseluruhnya. Ide dasar cara kerja asuransi jiwa adalah nasabah bayar premi untuk seterusnya mendapat pelindungan keuangan ke keluarga yang ditinggalkan jika tertanggung meniggal dunia.

Beberapa produk asuransi jiwa terbaik yang populer di Indonesia adalah Asuransi Jiwa BCA, Asuransi Simas Jiwa, Asuransi Jiwa Ciputra Life, dan ada beberapa kembali.

Perlu dipahami bila perusahaan asuransi jiwa terdiri jadi beberapa bagian type, yaitu:

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life), yaitu asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup sejauh polis masih aktif.
Asuransi jiwa berjangka (term life), yaitu asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jiwa dalam waktu tertentu. Contoh, 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun, dan lain-lain.
Asuransi jiwa unit link, yaitu asuransi jiwa berbalut investasi.

Manfaat Asuransi Jiwa

Santunan meninggal dunia

Santunan cacat tetap keseluruhnya
Nilai tunai investasi (jika produk unit link)

Asuransi Edukasi Anak

Asuransi edukasi sebagai segi dari asuransi jiwa. Artinya, santunan edukasi anak akan cair saat nasabah meninggal dunia atau dibalikkan saat masa polis selesai. Beberapa pilihan asuransi edukasi anak yang cukup populer di Indonesia adalah Asuransi Edukasi BRI Life, Asuransi Edukasi Prudential, dan ada beberapa kembali.

Manfaat Asuransi Edukasi

Santunan edukasi anak atas risiko orang-tua meninggal dunia
Nilai tunai investasi (tergantung polis)
Manfaat pengembalian premi (tergantung polis)

Asuransi Mobil

Asuransi mobil terdiri menadi dua barisan yaitu asuransi mobil all risk yang menanggung semua type kerusakan pada mobil dan asuransi TLO adalah type yang menanggung biaya penyempurnaan atas kerusakan keseluruhnya saja. Beberapa pilihan asuransi mobil terbaik yang cukup populer di Indonesia adalah Asuransi ACA, Asuransi AXA Mandiri, Asuransi Sinar Mas, dan ada beberapa kembali.

Manfaat Asuransi Mobil

All Risk (Comprehensive): baret, penyok, musnah, terperosok, remuk keseluruhnya
Keseluruhnya Loss Only (TLO): kerusakan mobil raih 75% atau lebih

Asuransi Motor

Asuransi motor adalah produk asuransi yang menanggung biaya penyempurnaan atas risiko kerusakan dan kehilangan type kendaraan motor. Beberapa pilihan asuransi motor terbaik di Indonesia adalah Asuransi Sinar Mas, Asuransi ACA, Asuransi Allianz, dan ada beberapa kembali.

Manfaat Asuransi Motor

All Risk (Comprehensive): baret, penyok, musnah, terperosok, remuk keseluruhnya
Keseluruhnya Loss Only (TLO): kerusakan mobil raih 75% atau lebih

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan tukar rugi atas risiko ketidaknyamanan sejauh kerjakan perjalanan baik di dalam dan luar negeri. Asuransi perjalanan betul-betul dibutuhkan untuk Anda yang berencana pelesiran ke wilayah Eropa dan Jepang, karena harus memiliki asuransi perjalanan.

Peran Asuransi Perjalanan

Kehilangan dan kerusakan bagasi
Ketinggalan pesawat
Musnahnya dokumen penting sejauh perjalanan
Biaya medis saat terjadi risiko sakit sejauh perjalanan

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan memberikan manfaat santunan meninggal dunia dan pertanggungan biaya perawatan kesehatan karena risiko kecelakaan. Type asuransi kecelakaan terdiri jadi kelompok-kelompok, yaitu asuransi kecelakaan diri, asuransi kecelakaan kerja, sampai asuransi kecelakaan pesawat.

Peran Asuransi Kecelakaan

Santunan meninggal dunia
Santunan cacat tetap keseluruhnya atau beberapa
Pertanggungan biaya perawatan medis

Premi Asuransi

Premi asuransi adalah beberapa biaya yang penting dibayarkan nasabah ke perusahaan asuransi secara periodik atau sekaligus. Pembayaran bisa dikerjakan /bulan, /tahun, atau sekali saja.

Perhitungan premi asuransi dilandasi pada type produk asuransi yang diambil. Premi asuransi kesehatan tentu berbeda dengan premi asuransi jiwa. Tidak cuma itu saja, premi asuransi kesehatan yang satu dengan lainnya juga bisa saja berbeda. Bergantung pada manfaat atau fasilitas yang akan diterima.

Asuransi Jiwa

Perhitungan premi asuransi jiwa biasanya dilandasi pada tiga mekanisme berikut:

Human life nilai, yaitu mekanisme perhitungan premi yang menjumlahkan pengeluaran tahunan dengan kepentingan dana pada masa pensiun.
Pendapatan based nilai, yaitu mekanisme perhitungan premi yang membandingkan antara penghasilan dan inflasi /tahun.
Financial based nilai, yaitu mekanisme perhitungan premi yang dilandasi pada kepentingan di masa depan, diawali dari edukasi anak sampai biaya kesehatan.

Asuransi Kesehatan

Sementara itu, perhitungan premi asuransi kesehatan dikerjakan oleh perusahaan asuransi dengan mengangsung faktor-faktor berikut:

Usia, semakin muda usia tertanggung karenanya biasanya premi semakin bisa dicapai.
Pekerjaan, perhitungan premi asuransi kesehatan akan mengangsung type pekerjaan calon tertanggung. Karena, semakin berefek pekerjaan calon tertanggung karenanya premi asuransi semakin besar.
Cerita kesehatan jadi salah satu faktor khusus dalam perhitungan premi asuransi kesehatan. Bahkan, ada pula perusahaan asuransi kesehatan yang tidak terima calon tertanggung dengan cerita penyakit kritis tertentu.

Asuransi Umum

Asuransi rugi biasanya memberikan pelindungan pada servis atas kerusakan atau kehilangan harta-benda. Perhitungan premi untuk beberapa produk asuransi rugi biasanya ada yang sudah diatur oleh pemerintah dan ada pula yang dilandasi pada lokasi, cerita, dan risiko yang bisa terjadi pada harta-benda.

Tutorial Tentukan Asuransi Terbaik dan Murah

Asuransi terbaik adalah asuransi yang disetarakan dengan kepentingan dan kemampuan keuangan. Karena itu, saat tentukan produk asuransi, kita perlu mengangsung kepentingan dan kemampuan keuangan dengan mendapat asuransi murah.

Posting Komentar untuk "Asuransi Raksa Pratikara"